..:::.. Riena Samputri ..:::..

Jumat, 04 Mei 2012

Matematika, Sulit Tapi Penting

MATEMATIKA? Bidang studi yang satu ini entah mengapa termasuk dalam kategori pelajaran yang menakutkan bagi kebanyakan anak-anak, bahkan orang dewasa sekalipun. Padahal matematika sudah diajarkan sejak kita masih kecil. Kondisi ini di perparah dengan pengajar yang mungkin kurang bersahabat dengan peserta didiknya. Sehingga membuat peserta didik merasa sulit untuk mempelajarinya dan akhirnya menjadi kurang minat terhadap matematika. Maka pada saat ujian tiba tidaklah heran jika mereka mendapatkan hasil yang tidak memuaskan atau bisa gagal total.
 
Di lain pihak, matematika justru dianggap pelajaran paling penting yang banyak sangkut-pautnya dengan kelangsungan hidup manusia. Misalnya perhitungan didalam perdagangan. Matematika adalah ilmu dasar untuk memudahkan bidang studi lain, bisa disebut sebagai “Raja dari segala ilmu pengetahuan.” Seseorang yang menguasai matematika akan mudah untuk mempelajari ilmu lainnya. Matematika juga ilmu yang bermula pada kehidupan nyata.
 
Belajar matematika adalah belajar hidup. Matematika adalah jalan hidup. Sehebat itukah peran matematika? Beberapa orang belajar matematika hanya untuk kesenangan. Adapula sebagai kewajiban agar lulus ujian. Matematika juga memainkan imajinasi kita. Biasanya kebanyakan orang lebih suka memakai rumus cepat. Sebelum menggunakan rumus cepat, kita harus mengerti dulu konsep dasarnya. Karena jika tidak mengerti konsep dasarnya, kita tidak akan bisa mengerjakan soal. Ulangi beberapa kali dengan contoh soal yang berbeda. Trik untuk menguasai rumus cepat matematika adalah menguasai pula rumus standartnya. Dengan menguasai dua cara ini kita akan semakin terampil menggunakan rumus cepat matematika.

1 komentar:

Danke !