..:::.. Riena Samputri ..:::..

Jumat, 04 Mei 2012

Kemalasan Belajar

Di zaman yang sudah serba modern ini, sifat kemalasan belajar para pelajar semakin meningkat. Ini merupakan salah satu akibat dari teknologi yang sudah semakin canggih. Selain itu juga karena banyaknya sarana hiburan yang menjadi ajang kemalasan belajar, seperti nongkrong di mall, menonton bioskop, bermain ke taman hiburan, dan mengikuti pergaulan yang tidak baik. 

Akibat dari kemalasan itu akan mengakibatkan kurangnya pengetahuan seseorang, dan akhirnya mendapatkan nilai yang tidak memuaskan pada saat ulangan sehingga akan mengecewakan orangtua mereka sendiri.

Selain itu, peranan orangtua dan kerabat juga sangat dibutuhkan dalam membangkitkan semangat belajar mereka. Dengan cara memberikan dorongan semangat belajar dan memberikan sedikit nasihat tentu akan membangkitkan semangat belajar mereka. Tetapi juga harus disadari bahwa bukan hanya dorongan dari oranglain saja yang mereka butuhkan, melainkan diri sendiri pun harus dibangkitkan jiwa semangat belajarnya. 

Cara mengatasi kemalasan belajar salah satunya dapat dilakukan dengan mengurangi waktu bermain. Jangan terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bermain, karena itu sama saja menghabiskan waktu dengan hal-hal yang tidak bermanfaat. Sebaiknya para pelajar tersebut mengisi waktu kosong mereka dengan kegiatan-kegiatan yang lebih bermanfaat, seperti belajar, membaca buku, dll. Tanamkanlah kesadaran pada diri sendiri, karena masa depan adalah tanggung jawab diri sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

Danke !