..:::.. Riena Samputri ..:::..

Jumat, 11 April 2014

Pengertian Homeschooling

Pada tulisan kali ini sedikit membahas tentang homeschooling, karena sepupu saya saat ini homeschooling :D

Homeschooling merupakan pendidikan alternatif, dimana orangtua berperan secara aktif dan bertanggung jawab dalam penyelengaraan pendidikan anak dengan menggunakan rumah sebagai basis pendidikan dan anak dapat belajar dengan berbagai situasi, kondisi, lingkungan sosial yang terus berkembang. 

Kurikulum yang sering dipakai dalam homeschooling antara lain kurikulum Cambridge, kurikulum diknas dan kurikulum gabungan. Homeschooling juga memiliki beberapa manfaat diantaranya anak sebagai subjek belajar, objek yang dipelajari sangat luas dan nyata, ajang menanamkan cinta belajar, serta mendukung belajar secara kontektual. Homeschooling juga memiliki beberapa dampak yang dapat dilihat dari segi emosional serta segi fantasinya.

Pendidikan homeschooling sebaiknya benar-benar dipersiapkan secara matang, baik dari orangtua maupun anak tersebut, karena di dalam homeschooling peran orang tua sangat besar, dimana orangtua berperan secara aktif dan bertanggungjawab dalam penyelenggaran pendidikan anaknya, karena sang anak belajar tentang situasi, kondisi serta lingkungan sosial yang terus berkembang dari waktu ke waktu, sehingga proses pembelajaran homeschooling juga harus flesksibel, baik dari segi waktu dan keinginan anak untuk belajar sesuai dengan minat dan potensinya secara mandiri dan disiplin.

0 komentar:

Posting Komentar

Danke !