..:::.. Riena Samputri ..:::..

Kamis, 26 April 2012

Hemat Air, Selamatkan Bumi

Air merupakan kebutuhan terpenting manusia. Tanpa air manusia dan makhluk hidup lainnya takkan mampu bertahan hidup. Tubuh kita terdiri dari 70% air. Kandungan air di otak manusia mencapai 75%, darah 83%, otot 76%, ginjal 83% dan tulang 22%. Fungsi air di tubuh manusia antara lain adalah untuk membawa nutrisi ke seluruh bagian sel tubuh, melarutkan dan mengeluarkan zat-zat sampah dari sel tubuh, lubrikasi sendi, otot, dan membantu mengatur suhu tubuh. Hanya kandungan H2O dari air yang dapat melakukan fungsi-fungsi ini. Bumi pun 97%nya adalah air laut, dimana 3% sisanya adalah air tawar dan hanya 1% saja yang tersedia untuk digunakan seluruh manusia. 

Bagi sebagian masyarakat, air bersih sudah bukan barang gratis lagi. Persediaan air bersih sudah menipis karena disebabkan oleh tercemarnya air sungai, danau, bahkan air dalam tanah sekalipun. Ada banyak cara untuk menghemat air, misalnya : 
  1. Hemat air ketika mandi. Pergunakanlah bak mandi dengan gayung, jangan menggunakan shower dan bathtub, karena akan banyak air terbuang percuma.
  2. Matikan kran saat menggosok gigi atau mencuci tangan dengan sabun.
  3. Hemat air saat mencuci piring dan pakaian.
  4. Cek pipa-pipa yang bocor. Segera perbaiki apabila ada yang bocor, karena setetes air pun sangat berharga.
  5. Pergunakan air bekas untuk menyiram tanaman.
Sudah tahukan betapa pentingnya air bagi kehidupan kita ? maka hendaknya kita berhemat dalam pemakaian air. Menghemat air sama dengan menyelamatkan bumi dari ancaman global warming. ^_^ SAVE WATER !!




Referensi :

0 komentar:

Posting Komentar

Danke !