..:::.. Riena Samputri ..:::..

Minggu, 18 Maret 2012

Resume 1 : Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran

Permintaan
Hukum permintaan berbunyi : "Semakin turun tingkat harga, maka semakin banyak jumlah barang yang tersedia diminta, dan sebaliknya semakin naik tingkat harga semakin sedikit jumlah barang yang bersedia diminta." Artinya, apabila harga naik jumlah barang yang diminta sedikit dan apabila harga rendah jumlah barang yang diminta meningkat.
Pada hukum permintaan berlaku asumsi ceteris paribus. Artinya hukum permintaan tersebut berlaku jika keadaan atau faktor-faktor selain harga tidak berubah (dianggap tetap).
Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat permintaan :
  1. Harga barang itu sendiri.
  2. Harga barang subsitusi (pengganti).
  3. Harga barang komplementer (pelengkap).
  4. Jumlah pendapatan.
  5. Selera konsumen. 
  6. Intensitas kebutuhan konsumen.
  7. Perkiraan harga dimasa depan.
  8. Jumlah penduduk.

Penawaran
Hukum penawaran berbunyi :  "Semakin tinggi harga, semakin banyak jumlah barang yang bersedia ditawarkan. Sebaliknya, semakin rendah tingkat harga, semakin sedikit jumlah barang yang bersedia ditawarkan.” Artinya, apabila semakin tinggi harga, maka jumlah barang yang ditawarkan semakin banyak. Sebaliknya semakin rendah harga barang, jumlah barang yang ditawarkan semakin sedikit. Hukum penawaran menunjukkan keterkaitan antara jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga. 
Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran :
  1. Harga barang itu sendiri.
  2. Biaya produksi.
  3. Kemajuan teknologi.
  4. Pajak.
  5. Perkiraan harga dimasa depan.
Penentuan Harga Keseimbangan
Terbentuknya harga dan kuantitas keseimbangan di pasar merupakan hasil kesepakatan antara pembeli (konsumen) dengan penjual (produsen) dimana kuantitas yang diminta dan yang ditawarkan sama besarnya. Jika keseimbangan ini telah tercapai, biasanya titik keseimbangan ini akan bertahan lama dan menjadi patokan pihak pembeli dan pihak penjual dalam menentukan harga.
Keseimbangan dalam permintaan dan penawaran terjadi secara natural / alamiah, apabila salah satu dari permintaan ataupun penawaran mengalami kesenjangan maka tentu akan berdampak pada pasar. Misalnya, jika jumlah permintaan banyak dengan produk sedikit maka akan mengakibatkan terjadinya kelangkaan barang, dan sebaliknya jika permintaan sedikit tetapi produk mengalami kelebihan maka produsen akan mengalami kerugian.

0 komentar:

Posting Komentar

Danke !