..:::.. Riena Samputri ..:::..

Minggu, 25 Maret 2012

Resume 4 : Struktur Pasar

Struktur pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri.

Jenis-jenis Pasar :

1. Pasar Persaingan Sempurna
     Yaitu jumlah produsen yang banyak sekali dengan memproduksi barang yang sejenis dan mirip dan memiliki jumlah konsumen yang banyak. Contoh produknya adalah seperti beras, gandum, batubara, kentang, dan lain-lain.  

2. Pasar Monopoli
     Suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran dimana hanya ada satu penjual/produsen yang berhadapan dengan banyak pembeli atau konsumen. Contoh : PT. POS dan Giro, PT. PLN

3.  Pasar Oligopoli
     Suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran, di mana terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai seluruh permintaan pasar. Pasar Oligopoli terbagi menjadi 2 jenis, yaitu :
a. Pasar oligopoli murni (pure oligopoly)
Dimana barang yang diperdagangkan merupakan barang yang bersifat identik, misalnya pada produk air mineral dalam kemasan atau semen. 
b. Pasar oligopoli dengan pembedaan (differentiated oligopoly)
Dimana barang yang diperdagangkan dapat dibedakan, misalnya pasar sepeda motor di Indonesia yang dikuasai oleh beberapa merek terkenal seperti Honda, Yamaha dan Suzuki. 

4. Pasar Duopoli
   Suatu pasar di mana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan. Contoh : penawaran minyak pelumas dikuasai oleh Pertamina dan Caltex.

5. Pasar Monopolistik
    Suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran di mana terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan barang yang sama. Pasar monopolistik merupakan pasar yang memiliki sifat monopoli pada spesifikasi barangnya. Sedangkan unsur persaingan pada banyak penjual yang menjual produk yang sejenis. Contoh : produk sabun yang memiliki keunggulan misalnya untuk kecantikan, kesehatan dan lain-lain.

6. Pasar Monopsoni
    Suatu bentuk pasar yang dilihat dari segi permintaan atau pembelinya. Dalam hal ini pembeli memiliki kekuatan dalam menentukan harga. Contoh : PT. Kereta Api Indonesia yang merupakan satu-satunya pembeli alat-alat kereta api di Indonesia.
 
 

1 komentar:

Danke !